Thursday, June 4, 2015

CARA MERAWAT BARANG DARI RAJUTAN

Agar barang-barang rajutan anda awet, senantiasa bersih serta enak dipakai, ada beberapa tips untuk perawatannya. Berikut adalah kiat-kiat merawat produk rajutan tangan :

1. Pemilihan Deterjen
Deterjen yang digunakan untuk mencuci sebaiknya adalah soft detergent yaitu deterjen yang tidak mengandung bahan pemutih. Deterjen jenis ini biasanya dibuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak merusak bahan dan tentu saja ramah lingkungan, misalnya sabun cair yang dibuat dari bahan dasar buah lerak yang biasanya dipakai untuk mencuci kain batik. Atau kalau terpaksanya tidak ada, boleh juga menggunakan shampo. Dengan mengaplikasikan soft detergent maka warna dan tekstur yang ada pada rajutan akan terjaga. Deterjen jenis ini juga akan menjaga tautan benang rajuta tidak mudah pudar.

2. Cara Mencuci
Hindari mencuci barang rajutan dengan mesin cuci atau disikat. Pakailah cara mencuci dengan tangan, hal ini untuk menghindari rajutan berbulu (merusak benang) dan friksi benang tarik-menarik karena perputaran mesin cuci yang cepat. Sebelum dikucek dengan tangan, rajutan direndam terlebih dahulu beberapa saat dengan soft detergent tersebut diatas, lalu dikucek perlahan-lahan terus dibilas sampai sabunnya luruh dan tidak berbusa lagi.

3. Cara Pengeringan
Menjemur rajutan disarankan untuk tidak digantung untuk menghindari perubahan bentuk rajutan serta bekas pipa/tali jemuran. Cara terbaik adalah dengan cara diresap diatas handuk kering yang diletakkan pada bidang yang rata, dengan tanpa terkena sinar matahari secara langsung sampai proses pengeringan selesai.

4. Cara Penyimpanan
Sebaiknya jangan menyimpan dengan cara digantung, apalagi untuk jangka waktu yang lama. Hindari pula menyimpan barang rajutan di tempat yang lembab karena akan merusak bentuk dan menumbuhnkan jamur, khususnya barang rajutan yang terbuat dari benang-benang alamai seperti katun, bamboo atau wool. Pada periode tertentu selama masa tidak dipergunakan, sebaiknya barag dikeluarkan dari lemari untuk diangin-anginkan. Apabila anda memiliki uang lebih, bisa juga memasukkan silika gel didalam tas rajutan untuk menghindari lembab.

Disarikan oleh :
REKARAJUT
Tel  : 0815 10005101
WA : 0816 760283

No comments:

Post a Comment